SEKILAS INFO
06-12-2020
  • 5 hari yang lalu / #Penerimaan Raport Siswa Semester Ganjil TP. 2020-2021, 19 Desember 2020
  • 5 hari yang lalu / #Penilaian Akhir Semester Ganjil, 30 Oktober s/d 08 Desember 2020
  • 2 bulan yang lalu / SMAN 1 Baubau kembali ukir Prestasi Nasional melalui Hayatun Nadiyah
11
Sep 2020
0
Hebat..!!, SMA Negeri 1 Baubau kembali ukir Prestasi Nasional

Siswi SMA Negeri 1 Baubau kembali ukir prestasi lewat Kuis Ki Hajar. Satu-satunya utusan Sulawesi Tenggara yang siap berkompetisi di Tingkat Nasional

Kepala SMAN 1 Baubau Dra. Hj. Sartati mengaku salut dan bangga terhadap prestasi yang diraih salah satu siswinya atas nama Hayatun Nadiyah yang telah mengharumkan nama Sekolah, pasalnya selain lolos grand final kuis Ki Hajar, ia juga juara dalam olimpiade sains wakili sultra ke tingkat nasional.

“Begitu membanggakan, Hayatun mampu menjadi yang terbaik. Ia telah mengharumkan nama SMAN 1 Baubau,” kata Sartati kepada sman1baubau.sch.id, Selasa (9/9/2020).

Hj. Sartati menambahkan, pihak sekolah beri apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi yang diraih para siswa, di mana prestasi ini berjenjang mulai dari tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi hingga tingkat nasional nantinya.

Berikut paparan Musbartig, S.Pd selaku Penanggung Jawab dan Pembina Kuis Ki Hajar SMAN 1 Baubau tentang Kuis Kita Harus Belajar (Ki Hajar) Tahun 2020.

Menurutnya, Kuis Ki Hajar adalah Kuis yang diadakan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan ,di mana kuis ini dapat mengeksplorasi siswa melalui pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi yang berbasis sains, teknologi, engineering, dan matematik atau biasa dikenal dengan istilah STEM.

Lanjut dia, Siswa yang ikut berkompetisi di kegiatan ini adalah siswa yang memiliki tingkat konsistensi tinggi dalam bidang studi pelajaran, karena semua bidang studi diperlombakan. Berbeda dengan tahun sebelumnya, biasanya penyelenggaraan kuis ki hajar bervariasi, bisa melalui online ataupun offline. Namun Suasana pandemi tahun ini semua proses seleksinya dilaksanakan secara online.

Data yang dihimpun sman1baubau.sch.id, dalam kuis ki hajar prosesnya dilaksanakan secara bertahap dari level 1 sampai level 5. Proses seleksinya menggunakan sistim kuis berbasis aplikasi quisis. Pada tahapan seleksi level 1 ke level 2, SMA Negeri 1 Baubau mengutus kurang lebih 10 siswa untuk berkompetisi langsung secara nasional bersama ribuan siswa dari sabang sampai marauke. Hasil seleksi tahapan level 1 siswa yang lolos sebanyak 6 orang.

Seleksi level 2 menuju level 3 siswa yang lolos tersisa 1 orang yakni atas nama hayatun nadiyah. Hasil pengumuman kemarin SMA Negeri 1 Baubau lolos 100 besar dan masuk grand final untuk siap berkompetisi dengan 99 siswa SMA lainnya se-indonesia.

Selanjutnya untuk tahapan level 4 dan 5, siswa diwajibkan membuat sebuah karya sains yang berbasis stem dalam bentuk video. Tema karyanya saat ini lagi menunggu petunjuk tekhnis dari Panitia Penyelenggara. Untuk diketahui grand final Kuis Ki Hajar Tingkat Nasional akan dilaksanakan tanggal 2 oktober 2020

“Hal ini merupakan pengalaman yang luar biasa buat siswa, semoga bisa mempersembahkan yang terbaik untuk daerah Sulawesi Tenggara, khususnya Kota Baubau dan teristimewa lagi buat SMA Negeri 1 Baubau yang kita banggakan. Kami sebagai Pembina tak henti-hentinya memberi dukungan kepada siswa sebab prestasi tahun ini adalah tantangan untuk tahun selanjutnya. Satu kutipan akhir, mempertahankan prestasi lebih susah dari pada merebutnya” harap Musbartig. (koko)

Pengumuman

Penerimaan Raport Siswa TA. 2019-2020

Pendaftaran Peserta Didik Baru

Penilaian Akhir Semester Genap TP. 2019/2020

Facebook

Visitor Stats




Chat Kami
Smansa WhatsApp