SEKILAS INFO
22-09-2021
  • 3 hari yang lalu / Amelia Margaretha Meraih Juara 1 Sulawesi Tenggara Lomba Lagu Daerah yang di gelar di kendari oleh dikbud Sultara
  • 1 bulan yang lalu / Juara 1 Lomba Wajah Bahasa Sekolah, SMA Negeri 1 Baubau wakili Sultra ke Tingkat Nasional
  • 4 bulan yang lalu / Siswi SMA Negeri 1 Baubau Atas Nama Rambu Reninta Kanaya Lamba Awang lolos seleksi Asian Youth Internasional Model United Nations 2021

Sebagian masyarakat memanfaatkan taman baca kapo’a sebagai sumber hiburan yang murah, menyenangkan, dan bermanfaat. Karena masyarakat dapat menghabiskan waktu luangnya di sana. Masyarakat dapat mengembangkan membaca, belajar, mencari informasi, serta berkumpul bersama pengunjung atau pengelola untuk sekedar bercerita atau bertukar pikiran. Buku-buku yang tersedia seperti buku cerita, buku pengetahuan tentang tanaman dan hewan, komik, dan kumpulan kisah inspiratif juga termasuk dalam sumber hiburan masyarakat.

Faris merasa sangat terhibur dengan banyaknya anak-anak yang datang belajar ke taman baca kapo’a,  ia menerangkan, bertemu anak-anak meningkatkan kesehatan mental. Melihat mereka membaca buku sembari tertawa bahagia, menggambar dan mewarnai merupakan penyembuh dari penatnya keseharian selama seminggu bekerja. Faris bekerja di luar kota yang membuat taman baca ini tidak di buka setiap harinya. Namun ketika jadwal taman baca dibuka Ia selalu berusaha untuk datang sebab karena ada rasa yang disembuhkan ketika melihat mereka aktif beraktifitas di taman baca.

Taman baca kapo’a sering melakukan kolaborasi dengan taman baca lain. Tujuan yang sama untuk membangun literasi bangsa, pengelola dari berbagai taman baca ini sepakat untuk membuat lapak baca setiap sabtu sore. Hal tersebut sebagai wadah publikasi bahwa di kota Baubau terdapat taman baca yang dapat dikunjungi. Lapak baca dibuka di tempat ramai yang mudah diakses oleh banyak orang, sehingga relasi terbangun antar masyarakat dan pihak pengelola.

Banyak harapan yang diinginkan Faris selaku pendiri taman baca kapo’a untuk generasi penerus bangsa ke depannya. Ia mengatakan, jika generasi muda memiliki ide yang menurutnya baik, harus berusaha untuk berjuang mewujudkannya. Jangan dulu dipikirkan tantangannya, terus maju dan berbuatlah lebih dulu. Ia juga berharap agar anak-anak di Kapo’a sadar akan pentingnya membaca buku. Karena taman baca kapo’a hanya fasilitas jika kesadaran telah ada dan tertanam dalam diri anak-anak, maka masa depan bangsa akan lebih baik.

pengumuman

Webinar Pendidikan-Quipper

Lawan Covid-19 dengan Mematuhi 5 M

Penerimaan Peserta Didik Baru 2021

Yuk Daftar Jadi Taruna AKKP Wakatobi

Pelantikan Pengurus OSIS Masa Bakti 2020-2021

Podcast_Smansa

Visitor Stats




Chat Kami
Can We Help You ?