SEKILAS INFO
24-10-2021
  • 1 bulan yang lalu / Amelia Margaretha Meraih Juara 1 Sulawesi Tenggara Lomba Lagu Daerah yang di gelar di kendari oleh dikbud Sultara
  • 3 bulan yang lalu / Juara 1 Lomba Wajah Bahasa Sekolah, SMA Negeri 1 Baubau wakili Sultra ke Tingkat Nasional
  • 5 bulan yang lalu / Siswi SMA Negeri 1 Baubau Atas Nama Rambu Reninta Kanaya Lamba Awang lolos seleksi Asian Youth Internasional Model United Nations 2021
10
Des 2020
0
Fisika dalam Kitab Suci Al-Qur'an, part-1

Fisika dalam Kitab Suci Al-Qur’an

Oleh : Arifin, S.Pd

 

  1. DILATASI WAKTU

Pada tahun 1905 seorang sarjana fisika, Albert Einstein, telah mengejutkan sarjana – sarjana fisika lainnya di seluruh dunia dengan sebuah TEORI RELATIVITAS. Teori ini merupakan pemecahan terhadap berbagai persoalan penting yang dihadapi ahli fisika dalam abad 20 ini. Dengan teori ini orang mengetahui tentang kesetaraan massa dan energi, yang merupakan dasar dalam perhitungan tenaga nuklir; dan juga orang mengetahui bahwa besarnya kecepatan, massa, ukuran panjang, dan waktu adalah relatif, tergantung pada kecepatan sistemnya. Pengaruh kecepatan ini akan sangat terasa sekali mendekati kecepatan cahaya.

Menurut teori relativitas, kecepatan cahaya dalam hampa (300.000 km per detik ) adalah kecepatan maksimum yang tak dapat dilampaui oleh materi. Massa suatu benda akan bertambah besar bila kecepatan makin tinggi, sedangkan ukuran panjangnya akan menyusut, dan waktu akan bertambah lambat. Jadi, satu jam bagi sistem yang bergerak sangat cepat terhadap kita, mungkin sama dengan satuhari, atau satu bulan, atau pun satu tahun menurut ukuran kita.

Kitab Suci Alquran telah menyebutkan tentang DILATASI WAKTU jauh sebelum Einstein mengungkapkan teori relativitasnya diantaranya adalah:

1. Surah As-Sajdah Ayat 5.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:
يُدَبِّرُ الْاَ مْرَ مِنَ السَّمَآءِ اِلَى الْاَ رْضِ ثُمَّ يَعْرُجُ اِلَيْهِ فِيْ يَوْمٍ كَا نَ مِقْدَا رُهٗۤ اَلْفَ سَنَةٍ مِّمَّا تَعُدُّوْنَ
yudabbirul-amro minas-samaaa`i ilal-ardhi summa ya’ruju ilaihi fii yauming kaana miqdaaruhuuu alfa sanatim mimmaa ta’udduun “Dia mengatur segala urusan dari langit ke bumi, kemudian (urusan) itu naik kepada-Nya dalam satu hari yang kadarnya (lamanya) adalah seribu tahun menurut perhitunganmu.” (QS. As-Sajdah 32: Ayat 5)

2. Surah Al-Hajj ayat 47

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:
وَيَسْتَعْجِلُوْنَكَ بِا لْعَذَا بِ وَلَنْ يُّخْلِفَ اللّٰهُ وَعْدَهٗ ۗ وَاِ نَّ يَوْمًا عِنْدَ رَبِّكَ كَاَ لْفِ سَنَةٍ مِّمَّا تَعُدُّوْنَ
wa yasta’jiluunaka bil-‘azaabi wa lay yukhlifallohu wa’dah, wa inna yauman ‘ingda robbika ka`alfi sanatim mimmaa ta’udduun “Dan mereka meminta kepadamu (Muhammad) agar azab itu disegerakan, padahal Allah tidak akan menyalahi janji-Nya. Dan sesungguhnya sehari di sisi Tuhanmu adalah seperti seribu tahun menurut perhitunganmu.” (QS. Al-Hajj 22: Ayat 47)

3. Surah Al-Ma’arij ayat 4
Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:
تَعْرُجُ الْمَلٰٓئِكَةُ وَ الرُّوْحُ اِلَيْهِ فِيْ يَوْمٍ كَا نَ مِقْدَا رُهٗ خَمْسِيْنَ اَلْفَ سَنَةٍ ۚ
ta’rujul-malaaa`ikatu war-ruuhu ilaihi fii yauming kaana miqdaaruhuu khomsiina alfa sanah “Para malaikat dan Jibril naik (menghadap) kepada Tuhan, dalam sehari setara dengan lima puluh ribu tahun.” (QS. Al-Ma’arij 70: Ayat 4)

4. Surah Al-Mu’minun ayat 112 -114

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:
قٰلَ كَمْ لَبِثْتُمْ فِى الْاَ رْضِ عَدَدَ سِنِيْنَ
qoola kam labistum fil-ardhi ‘adada siniin “Dia (Allah) berfirman, Berapa tahunkah lamanya kamu tinggal di Bumi?”(QS. Al-Mu’minun 23: Ayat 112)

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:
قَا لُوْا لَبِثْنَا يَوْمًا اَوْ بَعْضَ يَوْمٍ فَسْـئَـلِ الْعَآ دِّيْنَ
qooluu labisnaa yauman au ba’dho yauming fas`alil-‘aaaddiin “Mereka menjawab, Kami tinggal (di bumi) sehari atau setengah hari, maka tanyakanlah kepada mereka yang menghitung.”(QS. Al-Mu’minun 23: Ayat 113)

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:
قٰلَ اِنْ لَّبِثْـتُمْ اِلَّا قَلِيْلًا لَّوْ اَنَّكُمْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ
qoola il labistum illaa qoliilal lau annakum kungtum ta’lamuun “Dia (Allah) berfirman, Kamu tinggal (di bumi) hanya sebentar saja, jika kamu benar-benar mengetahui.” (QS. Al-Mu’minun 23: Ayat 114)

pengumuman

Webinar Pendidikan-Quipper

Lawan Covid-19 dengan Mematuhi 5 M

Penerimaan Peserta Didik Baru 2021

Yuk Daftar Jadi Taruna AKKP Wakatobi

Pelantikan Pengurus OSIS Masa Bakti 2020-2021

Podcast_Smansa

Visitor Stats




Chat Kami
Can We Help You ?